Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Sukses, Seringlah Ungkapkan 2 Kata Ini

Kompas.com - 11/02/2016, 11:12 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Sun
KOMPAS.com - Setiap orang pastilah ingin meraih kesuksesan, khususnya dalam karier. Seorang profesor menyatakan, hanya mengubah satu kata dalam kalimat dapat membuat Anda lebih sukses.

Bagaimana caranya?

Profesor Bernard Roth dari Stanford University, Amerika Serikat menyatakan, cara Anda berbicara tidak hanya mempengaruhi cara orang lain memandang diri Anda, namun juga akan membentuk perilaku Anda.

Dalam bukunya yang berjudul The Achievement Habit, Roth menyarankan Anda untuk sering mengucapkan dua kata ini agar kesuksesan membentuk diri Anda.
1. Katakan "dan" daripada "tetapi"
Roth memberi contoh, Anda harus mengganti mengucapkan "Saya ingin menonton film, tapi saya masih harus menyelesaikan pekerjan" dengan "Saya ingin menonton film dan saya masih harus menyelesaikan pekerjaan."

Mengapa demikian? Menurut Roth, ketika Anda menggunakan kata "tetapi", maka Anda menciptakan konflik maupun alasan kepada diri sendiri yang tidak sepenuhnya ada.

Namun, ketika menggunakan kata "dan", hal sebaliknyalah yang terjadi.

"Apabila Anda menggunakan kata 'dan', otak mempertimbangkan bagaimana memecahkan dan menangani solusi dua kalimat tersebut.  Anda misalnya akhirnya memutuskan untuk menonton film pendek atau mendistribusikan pekerjaan Anda," jelas Roth.

2. Katakan "akan" daripada "harus"
Menurut Roth, penggunaan kata ini sangat efektif untuk membuat seseorang menyadari apa yang mereka lakukan dalam hidup, bahkan hal-hal yang menurut mereka tidak menyenangkan.

Namun, faktanya itulah yang mereka pilih.  "Pikiran kita lebih rumit daripada yang kita kira dan selalu bekerja dengan ego untuk mensabotase tujuan terbaik kita. Inilah kondisi manusia," ujar Roth.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Sun
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com