Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belanja Iklan Koran di 2015 Mencapai Rp 30,8 Triliun

Kompas.com - 11/02/2016, 13:38 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Data Nielsen Advertising Information Services menunjukkan total belanja iklan koran hingga akhir 2015 mencapai Rp 30,8 triliun. Iklan koran tumbuh 1 persen di kuartal IV 2015.

"Iklan di koran lebih banyak didominasi oleh iklan layanan jasa atau produk konsumen selain makanan," kata Hellen Katherina, Direktur Eksekutif Media, Nielsen Indonesia, melalui rilis ke KOMPAS.com, Kamis (11/02/2016).

Sementara itu, iklan televisi lebih banyak didominasi oleh iklan produk-produk konsumsi (FMCG/Fast Moving Consumer Goods).

Untuk belanja iklan di koran, iklan dari kategori Pemerintahan dan Organisasi Politik berada di urutan pertama dengan nilai belanja iklan mencapai Rp 5,3 triliun.

Jumlah iklan tersebut sangat besar bahkan melebihi belanja iklan kategori apapun di televisi. Kategori ini juga mengalami pertumbuhan tahunan sebesar 8 persen.

"Aktivitas-aktivitas politik yang terjadi secara berkala diduga menjadi pendorong tumbuhnya kategori ini," tulis Nielsen.
 
Di urutan berikutnya dengan selisih cukup jauh adalah iklan Korporasi dan Layanan Sosial, yang mencapai Rp 2,3 triliun. Lalu, diikuti oleh kategori Real Estate dan Perumahan yaitu mencapai Rp 1,8 triliun.

Iklan Pemda

Belanja iklan dari Pemerintah Daerah (Pemda) meraih porsi belanja iklan terbesar, atau 68 persen dari total belanja iklan Pemerintah dan Organisasi Politik, atau setara dengan Rp 3,1 triliun.

Untuk iklan Pemerintah Daerah, jenisnya didominasi oleh artikel atau advertorial  yang mencapai 56 persen dari keseluruhan iklan yang dipasang oleh Pemerintah Daerah.

Sisanya berupa ucapan selamat (Congratulations Ad) sebesar 15 persen, pengumuman sebesar  14 persen, dan pemberitahuan acara spesial sebesar 12 persen.

Pemerintah Daerah yang mempunyai belanja iklan paling tinggi adalah Pemda Riau dengan nilai belanja mencapai Rp 569 miliar untuk sepanjang 2015. Disusul oleh Pemda Kalimantan Timur yang mencapai Rp 534,8 miliar.

Dibandingkan dengan tahun lalu, kedua iklan Pemda ini tumbuh positif sebesar masing-masing 22 persen dan 72 persen. Di urutan ke tiga dengan selisih cukup jauh adalah Pemda Kepulauan Riau yang mencapai Rp 341 miliar, atau tumbuh sebesar 15 persen.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com