Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hubungan Perdagangan Indonesia-Thailand Kian "Mesra"

Kompas.com - 11/02/2016, 17:16 WIB
Aprillia Ika

Penulis

Sumber Antara
JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia dan Thailand berkomitmen tingkatkan hubungan perdagangan dua negara pada tahun ini. Sebab, nilai perdagangan bilateral dua negara ini turun di 2015 dibandingkan 2014.

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi melaksanakan pertemuan bilateral dengan Menlu Thailand Don Pramudwinai untuk meningkatkan hubungan dan nilai perdagangan Indonesia-Thailand.

"Nilai perdagangan bilateral Indonesia-Thailand pada 2015 mencapai 12 miliar dolar AS. Nilai perdagangan ini menurun dibandingkan tahun lalu (2014). Untuk itu, kami mempunyai komitmen yang kuat untuk meningkatkan hubungan perdagangan," ujar Menlu Retno di Jakarta, Kamis (11/02/2016).

Dalam pertemuan tersebut, Menlu Thailand Don Pramudwinai berharap kedua negara kedepannya dapat meningkatkan nilai perdagangan bilateral mencapai sekitar 16 miliar hingga 20 miliar dolar AS.

Pada kesempatan itu, kedua pihak juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama ekonomi, terutama di sektor pariwisata. Selain itu, pemerintah kedua negara juga akan berupaya untuk mendorong investasi Indonesia ke Thailand dan sebaliknya.

Menlu Thailand meyakini kemajuan ekonomi dari setiap negara anggota ASEAN akan berdampak positif bagi perkembangan ekonomi di kawasan Asia Tenggara.

"Kemajuan ekonomi setiap negara ASEAN tentu akan baik bagi perkembangan ekonomi di kawasan, dan itu akan baik bagi komunitas ASEAN," ujar dia. (Yuni Arisandy)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com