Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eric Thohir: Industri Sepak Bola Tak Hanya soal Bola

Kompas.com - 11/02/2016, 18:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengusaha Indonesia dan presiden klub sepak bola Italia Inter Milan Eric Thohir menyatakan akan mengembangkan bisnis Inter Milan di luar permainan sepak bola itu sendiri.

Pasalnya, industri sepak bola kini tidak sekadar olahraga belaka.

"Kita mesti sukses off pitch dan on pitch. On pitch di permainan bolanya, off pitch di manajemennya," ujar Eric di Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (11/2/2016).

Menurut Eric, industri sepak bola saat ini tidak hanya menggantungkan pendapatan dari permainan sepak bola, tetapi juga perlu meraup pendapatan dari bisnis lainnya.

"Apalagi klub seperti Inter Milan tidak tergantung dengan jual beli pemain," jelas Eric.

Berkaca dari industri olahraga lainnya, imbuh dia, sebagian besar pendapatan justru diperoleh dari penyiaran pertandingan dan bukan dari penjualan tiket.

Pendapatan klub juga diperoleh dari bisnis komersial lainnya.

"Komersial itu seperti sponsor, baju, dan lain-lain. Setelah dua tahun, kita lihat progresnya cukup bagus. Dari revenue 164 juta euro, mungkin tahun ini closing hampir 180 juta euro. Jadi ada pengembangan," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com