Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Depan, Pergerakan Rupiah Waspadai Faktor Eksternal

Kompas.com - 12/02/2016, 17:56 WIB
Aprillia Ika

Penulis

Sumber KONTAN
JAKARTA, KOMPAS.com - Rupiah diperkirakan masih berpeluang menguat pada pekan depan. Namun, analis menilai pergerakan rupiah harus mewaspadai beberapa faktor eksternal.

Di pasar spot, Jumat (12/02/2016) valuasi rupiah melemah 0,2 persen ke level Rp 13.490 per dollar AS dibanding hari sebelumnya. Namun dalam sepekan terakhir rupiah sudah terangkat 0,98 persen.

Sejalan, di kurs tengah Bank Indonesia posisi rupiah merosot 0,76 persen di level Rp 13.471 per dollar AS dengan penguatan 1,33 persen dalam sepanjang pekan ini.

David Sumual, Ekonom Bank Central Asia, mengatakan faktor pendorong penguatan rupiah dari sisi domestik memang cukup kuat. Data terbaru, defisit transaksi berjalan sepanjang 2015 mengalami perbaikan sebesar 17,8 miliar dollar AS.

Selain itu, capital inflow di pasar modal tinggi karena larinya investor ke pasar emerging seperti Indonesia. Suntikan modal juga datang dari bergulirnya paket kebijakan terbaru, yang kesepuluh.

Hanya saja David mengatakan pekan depan untuk melihat pergerakan rupiah perlu mewaspadai laporan neraca perdagangan China, PDB Eropa 2015 dan inflasi AS. Jika data China dan Eropa masih buruk serta inflasi AS meningkat, bukan tidak mungkin rupiah kembali tertekan.

“Bukan tidak mungkin katalis eksternal yang jadi penjegal rupiah,” prediksi David. Meski demikian, David menilai peluang penguatan rupiah sepanjang pekan depan masih ada meski lebih tipis.

Hal tersebut bisa terjadi jika data domestik cukup positif sehingga bisa menjadi daya tahan dari sisi eksternal. (Namira Daufina)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber KONTAN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com