Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ribet" dengan Uang Kembalian di Pasar Swalayan? Ini Solusinya!

Kompas.com - 13/02/2016, 15:35 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

CIREBON, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mengembangkan akses dan literasi masyarakat terhadap layanan dan produk jasa keuangan.

Salah satu produk yang akan diuji coba oleh regulator adalah produk asuransi dengan menggunakan uang kembalian ketika berbelanja di pasar swalayan.

Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan OJK Agus Sugiarto menjelaskan, ketika berbelanja di pasar swalayan, terkadang konsumen diberikan uang receh sebagai uang kembalian.

"Uang (kembalian) belanja di supermarket itu dikonversi menjadi premi asuransi jiwa, uang kembalian Rp 100 dapat menjadi premi Rp 1.000. Kalau sudah Rp 100.000 dapat pertanggungan Rp 1 juta," kata Agus di Cirebon, Sabtu (13/2/2016).

Agus Sugiarto pihaknya akan melakukan uji coba di Jakarta. Direncanakan, uji coba tersebut dilakukan pada April. Adapun, perusahaan asuransi yang digandeng adalah Equity Life sedangkan perusahaan ritelnya adalah Lotte Wholesale.

Lebih lanjut, Agus mengungkapkan, nantinya akan ada semacam loket bagi konsumen untuk menandatangani premi pertanggungan asuransi yang tersedia di pasar swalayan penyedia produk asuransi tersebut.

"Ini sekaligus untuk mengajarkan masyarakat tentang hal positif. Membeli produk asuransi tidak perlu ke kantor atau ke bank dan prosesnya tidak berbelit-belit," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com