Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perempuan Indonesia Tak Boleh Kalah Saing

Kompas.com - 14/02/2016, 14:53 WIB
Sri Noviyanti

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Kesepakatan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) mulai berlaku pada 2016. Pekerja Indonesia, termasuk para perempuan, harus punya keterampilan khusus agar tak kalah bersaing dengan tenaga kerja dari ASEAN. Kesepakatan tersebut memungkinkan tenaga kerja di kawasan ini bebas bekerja di negara-negara anggota ASEAN.

“Kita semua bersiap untuk itu (MEA). Ini sedang jalan terus, kami bikin pameran-pameran untuk pelatihan khusus perempuan,” ujar Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise pada Kompas.com, di kawasan Gelora Bung Karno, Minggu (14/2/2015).

Pelatihan tersebut, ujar Yohana, bertujuan menyiapkan tenaga kerja terampil yang tak kalah saing. “Mereka (peserta pelatihan) akan diberi pembelajaran agar siap di industri rumahan sehingga mampu membuat produk,” papar Yohana. Produk yang dihasilkan pun diharapkan tak sekadar memenuhi standar kualitas domestik tetapi juga ekspor.

“Kami catat produk dan jasa apa saja yang laku di pasaran Asia Tenggara. Lalu, pelatihan pembuatan produk dan pelayanan jasa itulah yang kami berikan pada mereka,” ungkap Yohana.

Untuk mematenkan hasil pelatihan tersebut, kata Yohana, peserta pelatihan mendapatkan sertifikat. Menurut dia, sertifikat itu menegaskan kepemilikan keterampilan khusus yang dimiliki para peserta pelatihan.  “(Sertifikatnya) untuk bekal mereka bekerja di sini atau ke luar (negeri) sehingga menjadi nilai tambah,” tegas dia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com