Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK dan Pemda Perkuat Pelaku Usaha Lokal Hadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN

Kompas.com - 16/02/2016, 13:07 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong peningkatan daya saing pelaku usaha lokal dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). 

Salah satunya, mempermudah akses layanan keuangan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) di wilayah Priangan Timur. 

"Bersama pemerintah daerah dan instansi lainnya, Kami melakukan sosialisasi layanan keuangan kepada masyarakat. Pemerintah juga saat ini memberikan kemudahan kepada pelaku UMKM dengan bantuan pinjaman berbunga rendah," jelas Kepala Kantor OJK Tasikmalaya Edi Ganda Purnama pada acara Financial Executive Gathering OJK, Selasa (16/2/2016) di Tasikmalaya. 

Menurut Edi, pengusaha lokal perlu diperkuat agar mampu bersaing dengan pengusaha dari negara-negara Asean. 

Selain itu, penguatan pengusaha lokal juga akan mendorong perekonomian di daerah setempat. 

Sementara itu, Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman menambahkan, pihaknya terus melakukan pembinaan terhadap pengusaha kecil di Tasikmalaya. 

"Tasikmalaya kan terkenal dengan produksi pakaian bordir. Bahkan setiap hari Senin dan Kamis pengusaha lokal pergi ke Jakarta untuk berdagang," kata Budi. 

"OJK sekarang memiliki kantor di Tasikmalaya. Kami berharap lembaga keuangan di daerah tumbuh sehat sehingga bisa membantu pembiayaan pengusaha lokal di Tasikmalaya," pungkas Budi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com