Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Wealth Management Tahun Ini, Obligasi Pemerintah Jadi Idola

Kompas.com - 17/02/2016, 19:13 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Secara umum, tren wealth management atau pengelolaan kekayaan nasabah pada tahun ini bergeser ke obligasi pemerintah, apakah itu berupa sukuk atau Obligasi Ritel Indonesia (ORI).

"Beberapa waktu ini, animo masyarakat untuk produk tersebut tumbuh tinggi. Salah satu pemicunya adalah turunnya BI Rate di kisaran 25 basis poin menajdi 7,25 persen," kata Bambang Simon Simarno, Executive Director and Head Wealth Management Standard Chartered Bank kepada KOMPAS.com, Selasa (16/02/2016).

Menurut dia, jika kemudian Bank Indonesia kembali menurunkan BI Rate sebesar 25 basis poin maka hal itu akan membangun animo masyarakat untuk melirik obligasi pemerintah.

"Ini jadi alternatif investasi, sebab selama ini orang hanya melirik reksa dana saham saja," tambah Bambang.

Menurut dia, reksa dana saham tetap akan bertumbuh tahun ini. Hanya saja, aneka produk investasi lain layak dilirik seiring penurunan BI Rate.

"Reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana campuran juga mulai dilirik jika BI Rate turun," kata dia.

Khusus untuk Standard Chartered Bank, pada tahun ini pengelolaan kekayaan nasabah atau wealth management akan fokus di reksa dana, asuransi dan obligasi.

Bank global ini juga berencana untuk masuk ke sukuk pada 19 Februari 2016 mendatang.

"Kami ingin produk pengelolaan kekayaan nasabah berimbang. Yang kami inginkan adalah mendorong nasabah mengelola kekayaannya melalui instrumen yang tersedia, bukan ikut-ikutan tren sebuah investasi," lanjut dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com