Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota Kongres AS Ini Anggap OPEC Sudah Mati

Kompas.com - 18/02/2016, 15:10 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Joe Barton, anggota kongres AS dari negara bagian Texas menyatakan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) sudah mati, setidaknya dalam hal pengaturan harga minyak di pasar global.

Menurut Barton, perusahaan minyak di AS akan terus meningkatkan produksi minyak mentah meskipun OPEC berupaya menahan produksi guna mendorong harga minyak.

"OPEC dan Rusia tampaknya tidak tahu harus melakukan apa. Jadi, kami membunuh OPEC. OPEC sudah tidak ada lagi," kata Barton dalam wawancara dengan stasiun berita CNN, Kamis (18/2/2016).

AS memproduksi 9,3 juta barel minyak per hari pada bulan November 2015 lalu, hanya turun 4 persen dari level puncaknya pada April 2015.

Barton menyebut, produksi minyak AS dapat mencapai 15 juta hingga 20 juta barel per hari dalam beberapa tahun mendatang.

Selain itu, Barton pun menyebut kemampuan para produsen minyak AS untuk mengirim minyak ke luar negeri hanya akan membuat produksi minyak AS semakin meningkat.

Sementara itu, negara-negara anggota OPEC seperti Arab Saudi dianggapnya tidak bisa melakukan hal seperti itu. "Tidak hanya industri AS akan bertahan, namun akan berkembang pula. Arab Saudi tidak bisa melakukan hal itu. Rusia tidak bisa, China tidak bisa. Hanya AS yang bisa," tegas Barton. Sumber: http://money.cnn.com/2016/02/17/investing/opec-dead-texas-congressman/index.html?iid=hp-grid-dom

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com