Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perekonomian Global Masih Bergolak, NPL Indonesia Eximbank Naik

Kompas.com - 23/02/2016, 11:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Eximbank mencatat kenaikan rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) gross tahun 2015 menjadi 3,55 persen dari sebelumnya 2,26 persen.

Adapun NPL net mencapai 2 persen. Direktur Eksekutif Indonesia Eximbank Ngalim Sawega menjelaskan, peningkatan NPL tersebut tidak terlepas dari kondisi perekonomian global yang bergejolak di sepanjang tahun 2015.

Ngalim mengatakan, dampak tersebut pada akhirnya akan tercermin dari peningkatan NPL.

"Tahun 2015, kondisi ekonomi kurang begitu menggembirakan, ini disebabkan pengaruh global. Tiongkok, Eropa, dan Jepang melambat. Hal itu tercermin pada NPL yang relatif lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya," kata Ngalim di Jakarta, Selasa (23/2/2016).

Meskipun rasio NPL mengalami kenaikan, namun hal itu dipandang Ngalim sebagai hal yang rasional di tengah perlambatan ekonomi global. Pasalnya, kondisi ini menyebabkan permintaan akan komoditas ekspor Indonesia menurun pula.

Adapun strategi yang ditempuh oleh perseroan guna mengantisipasi peningkatan NPL adalah dengan mencari negara-negara tujuan ekspor non tradisional. Negara tersebut antara lain kawasan Timur Tengah, Afrija, Eropa Tengah, Amerika Latin, Asia Selatan, dan Amerika Selatan.

Selain itu, kata Ngalim, perseroan juga melakukan upaya restrukturisasi terhadap debitur-debitur yang masih memiliki prospek usaha namun terganggu likuiditasnya. Dengan demikian, diharapkan debitur tersebut tetap dapat memenuhi permintaan buyer di luar negeri dan memiliki peluang dan waktu memadai untuk menata likuditasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com