Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Pontianak Segera Lelang Proyek Pembangunan

Kompas.com - 24/02/2016, 13:14 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Untuk memacu pertumbuhan ekonomi, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melakukan percepatan investasi pemerintah, terutama dalam penyerapan APBD Kota Pontianak  2016. Percepatan tersebut salah satunya dengan melakukan lelang proyek pembangunan secepatnya. “Sehingga, serapan anggaran tersebut bisa maksimal dan memacu pertumbuhan ekonomi di Kota Pontianak,” ujar Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono Rabu (24/2/2016).

Pernyataan tersebut disampaikan Edi saat menjadi narasumber pada acara Seminar Interaktif Melihat Peluang dan Potensi Ekonomi di Kalbar dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) di Hotel Santika Pontianak.

Bahkan, kata Edi, Pemkot Pontianak menargetkan pertumbuhan ekonomi di Kota Pontianak tahun 2016 sebesar 6,2 persen. Target tersebut lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya, yaitu 5,2 persen.

Edi menyebutkan, kreativitas pelaku usaha juga memberi dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Pontianak. “Terlebih kita akan menghadapi MEA, tentunya butuh kreatifitas dan daya saing yang tinggi untuk bisa bersaing dengan negara-negara tetangga,” ungkap Edi.

Berbagai upaya dilakukan Pemkot Pontianak di antaranya memberikan kemudahan dalam perizinan usaha, pelayanan yang cepat dan transparan. Demikian pula di bidang pembangunan. Pemkot melibatkan masyarakat untuk berinvestasi dengan cara memberikan lahannya untuk pelebaran jalan tanpa ganti rugi sehingga aset milik masyarakat di kawasan itu nilainya juga meningkat. “Ini upaya-upaya kita dalam rangka memacu pertumbuhan ekonomi di Kota Pontianak,” jelas Edi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com