Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Gayung Bersambut" dari Wapres untuk Komentar Menko Luhut

Kompas.com - 24/02/2016, 16:28 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bak pepatah "gayung bersambut",   Wakil Presiden Jusuf Kalla buka suara menanggapi komentar Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Pandjaitan.  (Baca: Luhut: 1,5 Tahun Saya di Pemerintahan, Hal Paling Fatal adalah Koordinasi)

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, tanggung jawab koordinasi di dalam kabinet berada di tangan menteri-menteri koordinator. "Ya justru kan dimana-mana kalau kita ada menko. Menko kan menteri yang mengkoordinasikan," ujar Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (25/2/2016).

Wapres mengatakan, menteri koordinator memang tidak mungkin mengkoordinasikan 35 kementerian sekaligus. Oleh kerana itu, pemerintah membagi koordinasi sesuai sektor.

Meski begitu, Kalla mengakui bahwa keberhasilan pemerintahan tidak hanya bisa ditentukan oleh koordinasi pemerintah pusat saja, tapi juga pemerintah daerah. "Koordinasi bukan hanya menko. Di daerah juga, ada koordinasi. Jadi harus ketemu, harus ada tujuannya, harus ada caranya, harus ada sistem yang sama (pemerintah pusat dan daerah)," kata Wapres.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com