Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alat Pertanian Bantuan Pemerintah Tak Sesuai Kebutuhan, Petani Protes ke Mentan

Kompas.com - 29/02/2016, 23:08 WIB
Ramanda Jahansyahtono

Penulis

BANYUMAS, KOMPAS.com - Sejumlah petani mengeluh kepada Menteri Pertanian Amran Sulaiman seputar bantuan traktor yang diberikan pemerintah, Senin (29/2/2016).

Saat itu Amran melakukan kunjungan kerja ke Desa Tinggar Jaya, Kecamatan Jatilayang, Banyumas. Seorang petani bernama Sukarno sempat protes karena bantuan alat-alat pertanian dari pemerintah tidak sesuai dengan medan dan kebutuhan desa.

"Saya mau minta tolong, kalau bisa traktornya diganti dengan yang lebih kecil agar bisa diangkat. Soalnya medan menuju sawah desa kami tidak bisa dilalui traktor besar," ujar Sukarno.

Selain Sukarno, ada juga petani yang bernama Wiranto mengeluhkan hal yang sama. Dia meminta kepada Amran untuk mengganti spesifikasi alat penanam padi agar cocok dengan tanah sawahnya.

"Saya minta tolong sama bapak untuk diganti dengan alat lain saja. Soalnya sayang jika tidak bisa dipakai," ujar dia.

Mendengar keluhan para petani secara langsung Menteri Pertanian, Amran Sulaiman langsung menginstruksikan jajarannya untuk merespons berbagai keluhan itu.

"Untung kami jalan. Kalau di Jakarta, mana bisa melihat persoalan seperti ini," pungkas Amran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com