Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Dilantik, Dirjen Pajak Incar 102 Juta Orang Tanpa NPWP

Kompas.com - 01/03/2016, 19:16 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pajak yang baru dilantik, Ken Dwijugiasteadi, mengincar 102 juta orang kelas menengah untuk memiliki Nomer Pokok Wajib Pajak (NPWP).

"Kelas menengah ke atas kita ini jumlahnya 129 juta orang, kemudian yang terdaftar NPWP baru 27 juta orang," ujar Ken usai dilantik di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (1/3/2016).

Menurut dia, penambahan pemilik NPWP akan menjadi program prioritas Ditjen Pajak ke depan. Ia yakin cara itu cukup mampu menggenjot penerimaan pajak negara.

Saat ini, tutur dia, Ditjen Pajak sudah memiliki data terkait wajib pajak. Oleh karena itu , pihaknya akan segera memberikan surat imbauan untuk segera membayar pajak.

Selain mengincar 100 juta orang tanpa NPWP, Ken juga akan berusaha mempermudah pembayaran pajak. Salah satu caranya yakni memanfaatkan gadget untuk membayar pajak.

Target Pendapatan Negara dalam APBN tahun 2016 ditetapkan sebesar Rp 1.822,5 triliun, atau Rp 25,6 triliun lebih rendah dari yang diusulkan dalam RAPBN Tahun Anggaran 2016.

Target Pendapatan Negara tersebut bersumber dari Penerimaan Perpajakan sebesar Rp1.546,7 triliun dan Penerimaan Negara Bukan Pajak sebesar Rp 273,8 triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com