Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditopang Data Perekonomian AS, Wall Street Ditutup Menguat

Kompas.com - 04/03/2016, 06:06 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Bursa saham AS ditutup menguat. Investor merespon positif mengenai data perekonomian negara superpower itu yang dilaporkan solid.

Indeks Dow Jones ditutup menguat 44,58 poin (0,26 persen) menjadi 16.843,90. Sementara itu indeks S&P 500 naik sebesar 6,95 poin (0,35 persen) menjadi 1.993,40, sedangkan indeks teknologi tinggi Nasdaq menguat 4 poin (0,09 persen) di level 4.707,42.

Data perekonomian AS menunjukkan terjadi perlambatan di sektor jasa pada Februari. Sementara itu, order industri mengalami peningkatan pada bulan Januari. Jobless claims dilaporkan naik sedikit pada pekan lalu, namun tetap pada posisi terendah.

"Pasar tetap bertahan (di zona penguatan) sepanjang perdagangan, menunggu data ketenagakerjaan besok," ujar Peter Cardillo, Ekonom pada First Standard Financial sebagaimana dikutip dari AFP, Jumat (4/3/2016).

"Secara umum, bursa bergerak mixed dan cenderung menguat," lanjutnya.

Laporan ketenagakerjaan yang akan dirilis Jumat waktu AS diharapkan mampu menunjukkan adanya tambahan serapan tenaga kerja sebanyak 190.000 pekerjaan di bulan Februar, dan rasio pengangguran tetap bertahan di 4,9 persen.

Sebagian besar harga komoditas, seperti minyak, dan komoditas lainnya yang terkait bursa saham, mengalami kenaikan lantaran harga tembaga dan beberapa komoditas industri lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com