Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dollar AS Terkulai, Rupiah Kian Perkasa

Kompas.com - 11/03/2016, 07:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sentimen negatif di pasar global serta terjaganya arus dana asing yang masuk ke pasar saham dan keuangan dalam negeri kembali menyokong rupiah.

Kemarin, Kamis (10/3/2016), nilai tukar rupiah di pasar spot kembali menguat 0,80 persen ke Rp 13.052 per dollar AS dibanding hari sebelumnya. Uniknya, pada kurs tengah BI, mata uang Garuda malah tergerus 0,16 persen ke Rp 13.149 per dollar.

Analis Esandar Arthamas Berjangka, Tonny Mariano, menuturkan, penguatan terjadi lantaran rontoknya dollar AS di pasar global. "Pelaku pasar fokus menanti FOMC pertengahan pekan depan," ujarnya, Kamis (10/3/2016).

Ekonom Bank Permata, Josua Pardede, juga menyebutkan, masuknya dana asing turut menjaga pergerakan rupiah. Ini menjadi bukti pasar masih percaya pada ekonomi Indonesia. Terlebih lagi, di antara mata uang Asia lain, pergerakan rupiah paling menjanjikan.

Jika hasil pertemuan ECB pada Kamis malam waktu setempat menghasilkan stimulus tambahan di Eropa, dana asing yang masuk ke pasar domestik semakin deras.

Josua memprediksi, hari Jumat (11/3/2016) ini rupiah akan bergerak di Rp 13.000–Rp 13.150 per dollar AS. Sedangkan Tonny menebak di Rp 13.000– Rp 13.100 per dollar AS. (Namira Daufina)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com