Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank of America PHK Bankir Senior dan Staf di Asia

Kompas.com - 12/03/2016, 12:01 WIB
Aprillia Ika

Penulis

Sumber Bloomberg
KOMPAS.com - Bank of America Corp memberhentikan 15 bankir seniornya untuk unit perbankan investasi di Asia, seiring dengan kebijakan bank ini untuk mengurangi jumlah pekerjanya secara global, menurut narasumber yang mengetahui permasalahan ini.

Rinciannya, tiga bankir memiliki posisi sebagai managing director sementara 12 lainnya adalah direktur. Selain itu, Bank of America juga mengeliminasi aneka posisi pekerjaan mulai dari posisi junior staf hingga pekerjaan di posisi "back office". Sayangnya, narasumber enggan menyebutkan jumlah pasti PHK di unit Asia ini.

Beberapa bankir senior yang diberhentikan misal Wang Bing, managing director Bank of America untuk bisnis investment-banking di China. Serta Patrick Steinemann, co head untuk industrial banking di Asia.

Kebanyakan reduksi pegawai terjadi di Hong Kong, Singapura dan Australia. Selain itu, Andrew Brown, managing director yang memegang sejumlah klien besar, juga harus hengkang.

Bank investasi di seluruh dunia beberapa bulan terakhir ini mulai mengurangi jumlah posisi pekerjaan seiring bergolaknya pasar saham serta melambatnya kinerja perusahaan China.

Bank besar dari AS lain, Citigroup Inc, pada minggu ini mengeluarkan prediksi bahwa pendapatan kuartal pertama untuk perbankan investasi akan turun 25 persen. Sementara Deutsche bank AG pada Jumat pekan lalu mengumumkan pemotongan bonus karyawannya.

Paul Scanlon, juru bicara bank of America, menolak berkomentar mengenai hal ini.

Bank besar inggris, Barclays Plc pada awal tahun ini juga melakukan langkah mengejutkan dengan memangkas jumlah pekerja di unit investment banking di Asia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com