Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Dunia Desak Indonesia Jalankan Reformasi Sektor Logistik

Kompas.com - 15/03/2016, 14:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam laporan Indonesia Economic Quarterly edisi Maret 2016, Bank Dunia menyoroti masalah sektor logistik di Indonesia.

Bank Dunia juga mendesak pemerintah Indonesia untuk melakukan reformasi di sektor logistik guna mengembangkan daerah terpencil sekaligus untuk menciptakan diversifikasi ekonomi.

"Perkembangan sistem logistik pengiriman tidak dapat mengikuti pesatnya perkembangan ekonomi Indonesia sejak tahun 2000," kata Ekonom Utama Bank Dunia untuk Indonesia Ndiame Diop dalam paparannya di Jakarta, Selasa (15/3/2016).

Diop pun menuturkan, biaya logistik di Indonesia lebih tinggi dibandingkan negara-negara tetangga lantaran rendahnya pemanfaatan aset-aset logistik.

Tingginya biaya tersebut juga diperburuk oleh rantai pasokan di Kawasan Timur Indonesia yang panjang dan terfragmentasi.

Sektor ini, imbuh Diop, juga menghadapi waktu penyelesaian di pelabuhan atau turnaround time yang panjang, tingkat efisiensi pelabuhan yang rendah, dan kemacetan jalan.

Persyaratan birokrasi yang berat mendorong buruknya fasilitasi perdagangan dan panjangnya waktu tunggu peti kemas.

"Ketidakefisienan logistik semakin diperburuk dengan peraturan-peraturan yang terfragmentasi, aturan investasi yang rumit, dan pembatasan FDI (Investasi Asing Langsung)," jelas Diop.

Dia menyatakan, integrasi dalam negeri Indonesia dapat diartikan upaya daerah-daerah terpencil agar terhubung dengan daerah-daerah pendorong pertumbuhan. Selain itun juga diartikan integrasi ke rantai nilai dunia, dan diversifikasi ekonomi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com