Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jual Menara untuk Bayar Utang, XL Cari Pembeli Berkualitas

Kompas.com - 15/03/2016, 16:56 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Emiten telekomunikasi PT XL Axiata Tbk berencana untuk menjual 2.500 menara telekomunikasi dalam tender menara tahap II. Penjualan menara ini dilakukan untuk membayar pinjaman XL ke sejumlah bank.

Direksi XL mengungkapkan, perseroan tengah mencari pembeli berkualitas dalam tender menara yang diselenggarakannya tersebut.

"Kami ini bukan jual putus. Itu menara kan di-lease back. Jadi, cari partner yang ada nilai tambah," ungkap Direktur Keuangan XL Axiata, Mohamed Adlan bin Ahmad Tajudin, Selasa (15/3/2016).

Namun, Adlan enggan mengungkapkan nama-nama peserta tender. "Kami ada non-disclosure agreement (NDA) dengan semua peserta. Pokoknya kami cari mitra ideal, sehat, dan kuat," kata dia.

Sejumlah sekuritas menilai aksi monetisasi aset sebagai langkah yang tepat. JP Morgan dalam kajiannya belum lama ini menyatakan, aksi XL melepas menara bisa menyehatkan neraca keuangan dari anak usaha Axiata itu.

Sementara itu, Mandiri Sekuritas dalam kajian belum lama ini meyakini, pelepasan menara akan mengurangi rasio utang bersih (net gearing) dari XL.

Menurut kabar yang beredar, tender menara tahap II yang tengah dilakukan anak usaha Axiata tersebut tak hanya menyajikan persaingan antara pemain lokal, tetapi juga perusahaan asing.

Bisa masuknya pemain asing tak bisa dilepaskan dengan isu perubahan di daftar negatif investasi (DNI) bisnis menara yang belum diputus pemerintah.

Usulan DNI memang telah masuk ke Presiden sejak Februari 2016, tetapi belum ada peraturan presiden.

Sejumlah pemain lokal yang mengaku tertarik dengan menara XL antara lain Tower Bersama, Solusi Tunas Pratama, Nusantara Menara Infrastructure, dan Sarana Menara Nusantara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com