Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TapCash BNI Bisa Digunakan untuk Bertransaksi di Tol Surabaya-Mojokerto

Kompas.com - 20/03/2016, 13:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) memastikan uang elektronik, BNI TapCash, dapat digunakan untuk bertransaksi di pintu Tol Penompo, Mojokerto, yang merupakan salah satu bagian dari ruas Jalan Tol Surabaya-Mojokerto.

Selain itu, BNI juga menerbitkan kartu varian khusus untuk menandai penggunaan uang elektronik di ruas jalan tol tersebut, yaitu produk Kartu TapCash BNI ?MNA.

MNA atau PT Marga Nujyasumo Agung merupakan operator tunggal ruas jalan Tol Surabaya ? Mojokerto (Sumo).

Direktur Utama BNI Achmad Baiquni mengungkapkan, operasional Jalan Tol Surabaya ? Mojokerto dapat direalisasikan berkat kerja sama sinergis di antara perbankan nasional.

Bank-bank yang dimaksud adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Jatim, Bank Sumut, Bukopin, dan BNI yang memposisikan diri sebagai Agen Fasilitas dan Agen Escrow.

"Selaras dengan program Bank Indonesia untuk memasyarakatkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), BNI langsung mengaktifkan sistem pembayaran menggunakan uang elektronik di Tol Surabaya ? Mojokerto tersebut," ujarnya, dalam keterangan resmi, Minggu (20/3/2016). 

Dari rencana 5 seksi yang dibangun, 2 seksi diantaranya sudah selesai dibangun, yaitu Ruas Tol Waru ? Sepanjang (2,3 kilometer) dan Ruas Tol Krian ? Mojokerto.

Total panjang Ruas Tol Surabaya ? Mojokerto adalah lebih dari 36 kilometer, dimana ruas terpanjang adalah Ruas Krian ? Mojokerto yaitu lebih dari 18 kilometer yang diresmikan 19 Maret 2016.

Hingga kini, akseptasi kartu BNI TapCash semakin meluas. Tidak hanya digunakan untuk mengakses tol, tetapi juga dapat digunakan untuk membeli tiket Bus TransJakarta, Kereta Commuter Jabodetabek, e-Parking Reska, Kereta Bandara Kualanamu Medan, pembayaran di UGM Foodpark, Snowbay Waterpark, Alfamart Jabodetabek, Lawson Jabodetabek,Terminal Parkir Elektronik DKI Jakarta, serta Merchant lainnya berlogo TapCash.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com