Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Syarat BI Rate Bakal Kembali Turun

Kompas.com - 22/03/2016, 15:55 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Suku bunga acuan Bank Indonesia (BI rate) berpeluang kembali turun dalam dua pertemuan Rapat Dewan Gubernur (RDG) mendatang, apabila pemerintah memberikan kepastian penurunan harga bahan bakar minyak (BBM). Kepala Ekonom BNI Ryan Kiryanto mengatakan, penurunan harga BBM akan menurunkan biaya produksi. Dengan begitu, harga barang-barang menjadi lebih murah dan inflasi pun bisa ditekan. "BI masih punya peluang menurunkan BI rate di dua pertemuan lagi. Mungkin ada di 6 persen hingga 6,5 persen, asalkan inflasi terjaga," kata Ryan di Jakarta, Selasa (22/3/2016).

Penurunan harga BBM diyakini akan menahan laju inflasi, apalagi biasanya pada momen menjelang hari raya harga barang-barang merangkak naik. Ryan berpendapat apabila inflasi sepanjang tahun ini bisa dijaga di level 4 persen, target pemerintah untuk mencapai suku bunga nasional single digit bisa tercapai. "Memang ternyata penurunan BI rate (tiga bulan) relatif agresif, dari 7,5 persen menjadi 6,75 persen. Bahkan turunnya BI rate diikuti turunnya deposit dan landing facility, GWM juga. Ini sebenarnya merelaksasi likuiditas perbankan menjadi cair lagi," sambung Ryan.

Meski begitu, dia menambahkan, biasanya ada jeda waktu antara penurunan kebijakan moneter dengan suku bunga pinjaman dan suku bunga simpanan. Perbankan harus menghitung ulang sumber-sumber pendapatan lain, apabila interest income menurun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com