Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudirman Said Dukung Keputusan Jokowi Kembangkan Blok Masela di Darat

Kompas.com - 24/03/2016, 15:47 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengakui pengembangan lapangan gas abadi Masela secar onshore lebih memihak kepentingan publik.

"Jadi yang terbaik untuk kesejahteraan masyarakat itulah yang mesti diputuskan. Kita percaya kepada kebijakan bapak Presiden," kata Sudirman di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (24/3/2016).

Mantan Direktur Utama PT Pindad (Persero) itu menegaskan bahwa dirinya tidak pernah memaksakan pengembangan Masela dilakukan di tengah laut atau off-shore.

"Sejak saya berikan penjelasan kepada bapak Presiden, saya tidak pernah mengatakan bertahan on-shore atau off-shore. Karena saya netral," ucap dia.

Dirinya percaya apa yang diputuskan Jokowi pastilah keputusan yang terbaik. Kepercayaan itulah yang membuatnya selama ini enggan meladeni polemik yang berkembang di publik.

"Karena Presiden pasti putuskan yang terbaik, makanya saya tidak pernah menanggapi polemik apapun. Soal kalah-menang, ini kan bukan pertandingan sepak bola. Ini public policy, keputusan publik," pungkas Sudirman.

Sebelumnya, Kementerian ESDM melalui SKK Migas sangat optimistis pengembangan Masela dilakukan secara off-shore akan lebih menguntungkan bagi investor dan masyarakat. Bahkan nilai investasi yang dikeluarkan lebih rendah dari on-shore.

Pengembangan secara off-shore diyakini tidak akan membebani APBN dalam pengembalian investasi melalui skema cost recovery.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com