Terkendala Lahan, Pembangunan Tol Gempol-Pasuruan Seksi I Belum Tuntas - Kompas.com

Terkendala Lahan, Pembangunan Tol Gempol-Pasuruan Seksi I Belum Tuntas

Kompas.com - 25/03/2016, 19:14 WIB
KOMPAS.com / Andi Hartik Jalan Tol Gempol - Pasuruan Seksi I wilayah Rembang. Pembangunan Seksi I masih belum selesai 100 persen karena terkendala lahan

PASURUAN, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Gempol - Pasuruan seksi I, Gempol - Rembang yang direncanakan sepanjang 13,90 kilometer hingga kini masih belum tuntas.

Hal itu disebabkan oleh adanya pembebasan lahan yang masih belum tuntas. Humas PT Transmarga Jatim Pasuruan, Rudi Purwanto mengatakan, konstruksi Jalan Tol Gempol - Pasuruan seksi I masih mencapai 92,148 persen.

"Progres minggu ke-157, seksi I masih 92,148 persen," katanya saat dihubungi, Jumat (25/3/2016).

Rudi menjelaskan, belum selesainya konstruksi tersebut akibat lahan yang masih belum dibebaskan.

Dari kebutuhan total lahan seluas 142,90 hektar, yang tuntas dibebaskan masih seluas 139,84 hektar.

Ada berbagai kendala yang membuat lahan itu belum bisa dibebaskan keseluruhan. Di antaranya adalah adanya lahan yang masih sengketa dan harga yang belum menemui kesepakatan.

"Pembebasan sisanya masih belum tuntas. Ada yang tanahnya masih sengketa. Tapi kebanyakan yang tidak sepakat harga," katanya.

Meski begitu, Rudi mengaku tidak bisa berbuat banyak soal adanya lahan yang masih belum dibebaskan itu. Sebab, kewenangan pembebasan lahan tersebut ada di Pelaksana Pembebasan Tanah (P2T) pada Badan Pertnahan Nasional (BPN) Kabupaten Pasuruan.

"Kami berharap P2T segera menuntaskan pembebasan lahannya. Kami hanya mencoba untuk membantu supaya pembebasan lahan itu bisa diperlancar," ungkapnya.

Dikatakan Rudi, konstruksi pembangunan seksi I ini ditarget selesai bulan Juli nanti. Namun hal itu tergantung dengan proses pembebasan lahan yang masih tersisa.

"Kalau konstruksi jalan, tiga bulan setelah lahan dibebaskan sudah selesai. Misal sekarang sudah dibebaskan, tiga bulan lagi sudah selesai," jelasnya.

Diketahui, pembangunan Jalan Tol Gempol - Pasuruan dibagi menjadi tiga seksi. Seksi I sepanjang 13,90 kilometer dari Gempol hingga interchange Rembang dengan kebutuhan luas lahan 142,90 hektar.

Seksi II sepanjang 8,10 kilometer dari Rembang ke Kota Pasuruan membutuhkan lahan seluas 98,75 hektar. Sedangkan seksi III sepanjang 12,15 kilometer dari Kota Pasuruan hinggs Grati dengan kebutuhan luas lahan 92,46 hektar. Total, jalan tol Gempol - Pasuruan direncanakan sepanjang 34,15 kilometer.


EditorBambang Priyo Jatmiko

Close Ads X