AP II Yakin Bandara Pondok Cabe Bisa Pacu Pertumbuhan Ekonomi Nasional - Kompas.com

AP II Yakin Bandara Pondok Cabe Bisa Pacu Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Kompas.com - 28/03/2016, 14:00 WIB
Rd. Ramanda Jahansyahtono Bandara Pondok Cabe

JAKARTA, KOMPAS.com - Angkasa Pura II (AP II) yakin pengoperasian Bandara Pondok Cabe untuk penerbangan komersial akan memacu pertumbuhan ekonomi nasional. Bandara yang berada di Tangerang Selatan itu diyakini bisa menjadi jembatan penerbangan dari Jakarta ke daerah lain.

Menurut Direktur Utama AP II Budi Karya Sumadi, beberapa daerah potensial yang perekonomiannya berkembang, misalkan Lubuk Linggau dan Pangkalan Bun, belum bisa langsung dijangkau dari Jakarta.

Akibatnya, arus pergerakan orang dan barang ke daerah-daerah itu menjadi tidak efisien.

"Bandara Pondok Cabe tidak membebani lagi arus penumpang dan barang maupun bandara yang menjadi hub,” kata Budi Karya dalam siaran pers, Jakarta, Senin (28/3/2016).

Sedangkan dari sisi BUMN, Budi yakin pembukaan rute penerbangan ke berbagai daerah dari Bandara Pondok Cabe nantinya bisa meningkatkan kapasitas bisnis sejumlah BUMN.

Saat ini, AP II, Garuda Indonesia, dan PT Pertamina sudah telah melakukan pembahasan lebih detail mengenai teknis operasional bandara yang berlokasi di kawasan Tangerang Selatan itu.

Seperti diketahui, Bandara Pondok Cabe merupakan bandara milik PT Pertamina Persero. Sedangkan Garuda Indonesia merupakan maskapai yang direncanakan akan membuka penerbangan dari bandara tersebut.

Sedangkan AP II diproyeksikan akan menjadi operator Bandara Pondok Cabe apabila Kemenhub memberikan izin pengoperasian bandara itu sebagai bandara komersil.

“Kami saat ini sudah dalam perencanaan pelaksanaan teknis semoga segala sesuatunya akan berjalan lancar,” kata Budi.

Kompas TV Kepadatan di Bandara Soekarno-Hatta


EditorAprillia Ika

Close Ads X