Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reklamasi Teluk Jakarta, Susi Ingatkan Ahok soal Dampak Lingkungan dan Nasib Nelayan

Kompas.com - 06/04/2016, 11:48 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Kelautan dan Perikanan akhirnya blakblakan terkait rencana reklamasi Teluk Jakarta. Ia mengingatkan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok terkait beberapa hal.

"Pertama, reklamasi itu membawa dampak lingkungan," ujar Susi dalam acara Indonesia Lawyer Club (ILC), Selasa (5/4/2016) malam.

Pada poin pertama itu, Susi menekankan bahwa Pemprov DKI Jakarta tidak boleh meninggalkan parameter lingkungan dalam proyek reklamasi tersebut. Bila diabaikan, musibah justru akan menerjang Jakarta.

Padahal, kata dia, pemerintah pusat sudah berupaya membuat tanggul hingga pelurusan sungai di sejumlah daerah di sekitar Jakarta untuk mempercepat arus air ke laut.

"Jadi, kalau diteruskan reklamasi tanpa ada pendalaman sungai, tanpa ada pendalaman laut, ya Jakarta digenangi itu persoalan yang pasti akan muncul," kata Susi.

Kedua, Susi mengingatkan Ahok untuk memperhatikan nasib nelayan di pesisir utara Jakarta. Meski Pemprov DKI Jakarta akan memberikan ganti rugi ke nelayan, Susi menilai itu tidak cukup.

"Saya tidak setuju kalau nelayan dikasih rumah tanpa memikirkan mata pencaharian dari mereka," ucap Susi.

Soal perizinan, dia menegaskan bahwa izin reklamasi Teluk Jakarta harus ada izin dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Oleh karena itu, ia meminta Ahok untuk segara mengurus izin-izin. Saat izin-izin itu diproses, Pemprov DKI Jakarta diminta untuk menyiapkan berbagai program sebagai antisipasi dampak reklamasi di Teluk Jakarta.

Kompas TV Ini Penjelasan Reklamasi Pantai Jakarta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com