Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program Layanan Investasi Langsung ala BKPM Semakin Diminati, Dua Investor Gunakan KLIK di JIIPE Gresik

Kompas.com - 10/04/2016, 16:06 WIB
Hamzah Arfah

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com – Program Kemudahan Layanan Investasi langsung Konstruksi (KLIK) dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) semakin diminati investor. 

Dalam rangka meninjau implementasi program KLIK, Kepala BKPM Franky Sibarani, mengunjungi Kawasan Industri Java Integrated Industrial Port Estate (JIIPE) yang berada di Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Sabtu (9/4/2016).

Franky mengungkapkan, sudah ada dua investor di Kawasan Industri JIIPE yang telah memanfaatkan fasilitas KLIK.

Pertama, perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) yang bergerak di bidang industri pengolahan garam, yakni PT Unichem Candi Indonesia, dengan nilai investasi Rp350 miliar.

“Satu lagi perusahaan PMA (Penanaman Modal Asing) PT Clariant Indonesia, yang bergerak di bidang industri kimia dasar organik dan menghasilkan bahan kimia khusus, senilai Rp160 miliar,” ucap Fanky.

Ke depan, BKPM akan terus memantau proyek yang memanfaatkan fasilitas KLIK. Karena selain 10 proyek investasi senilai Rp 8,85 triliun yang telah memanfaatkan KLIK, juga terdapat 19 proyek investasi yang sedang dalam proses tender atau permohonan perizinan.

“Dan itu salah satunya adalah JIIPE senilai Rp11,7 triliun, terkait rencana pembangunan pembangkit tenaga listrik,” terang dia.

Selain JIIPE, terdapat 13 kawasan industri lain yang ada di Indonesia di lima provinsi, yang telah mengimplementasi fasilitas KLIK.

Kawasan tersebut yakni di Jawa Tengah terdiri dari tiga kawasan industri seluas 840 hektare, Banten tiga kawasan dengan total luas 3.170 hektare.

Kemudian Jawa Barat lima kawasan dengan total luas lahan 1.111 hektare, Sulawesi Selatan satu kawasan seluas 3 ribu hektare, dan juga Sumatera Utara satu kawasan dengan lahan seluas 100 hektare.

“Kami cukup senang atas kunjungan pihak BKPM ke JIIPE, serta dukungan yang diberikan kepada kami dalam upaya untuk mengembangkan investasi bisnis yang ada di Kabupaten Gresik," kata Bupati Gresik Sambari Halim Radianto, saat mendampingi kepala BKPM meninjau Kawasan Industri JIIPE.

Menurut dia, BKPM juga menyampaikan kepada kami beberapa hal yang perlu menjadi perhatian. Salah satunya, agar Kabupaten Gresik memperhatikan pelayanan izin investasi dalam waktu tiga jam, bagi penanam modal di Kawasan Industri JIIPE untuk dapat langsung melaksanakan konstruksi.

Serta, agar Kabupaten Gresik mendukung implementasi kemudahan investasi langsung konstruksi, selambat-lambatnya enam bulan sejak nota kesepahaman (MoU) ditandatangani pada 22 Februari 2016 lalu.

Kompas TV Komitmen Investasi Meroket Hingga 167%

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com