Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudirman Said Menolak Dibilang Pemerintah "Cabut" Subsidi Solar

Kompas.com - 11/04/2016, 11:55 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menolak apabila disebut, pemerintah berencana mencabut subsidi bahan bakar minyak (BBM) jenis solar.

Pasalnya, keputusan soal subsidi ini juga atas persetujuan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Sudirman menegaskan, pencabutan subsidi BBM termasuk subsidi solar harus melalui peroses perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016.

"Jadi kami tidak bisa bilang pemerintah akan mencabut. Mungkin (iya) kami (yang) akan mengusulkan. Tapi nanti tergantung Komisi VII bagaimana," kata Sudirman ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (11/4/2016).

Sayangnya, Sudirman tidak menjelaskan lebih detil realokasi pencabutan subsidi baik solar maupun rencana pencabutan subsidi LPG 3 kilogram (kg).

Sudirman justru menyampaikan bahwa rencana usulan pencabutan subsidi ini sudah melewati dialog publik.

"Kan beberapa pengamat dan anggota DPR membuka kemungkinan. Mumpung harga minyak lagi rendah. Dan kita secara bertahap kan ingin menyelesaikan masalah subsidi. (Sehingga) Ada kemungkina dibuka opsi untuk meninjau kembali subsidi," terang Sudirman.

Kompas TV Harga BBM Turun Mulai 1 April 2016

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com