Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Bantu Sertifikasi Lahan Agunan di Brebes

Kompas.com - 11/04/2016, 15:21 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

BREBES, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri Tbk membantu proses sertifikasi lahan agunan milik 12 debitur usaha mikro dari total potensi 321 debitur di Kabupaten Brebes, Jawa Tenga.

Ini untuk meningkatkan kapasitas debitur dalam pengembangan usaha dan mendorong laju pertumbuhan ekonomi. Adapun lahan yang disertifikasi merupakan tanah pertanian dan perkebunan.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, dukungan tersebut merupakan implementasi dari kerjasama yang dilakukan perseroan dengan Kementerian Agraria dan tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional pada awal tahun ini.

“Aset yang telah memperoleh sertifikat tentu akan memiliki valuasi yang lebih baik sehingga dapat dikapitalisasi pada kemudian hari untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan dalam pengembangan usaha,” kata Tiko, panggilan akrab Kartika, di Brebes, Senin (11/4/2016).

Tiko menuturkan, pihaknya akan terus mendukung pengembangan pelaku usaha mikro di daerah. Pasalnya, sektor ini merupakan salah satu pilar penopang kesinambungan ekonomi Indonesia.

Langkah itu, misalnya, direalisasikan dengan penyaluran kredit mikro yang telah mencapai Rp138 miliar di Kabupaten Brebes kepada 3.343 debitur hingga Maret 2016.

Selain kredit mikro, perseroan juga menyalurkan pembiayaan berskema khusus, yakni Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Brebes dengan realisasi penyaluran sebesar Rp 7,357 miliar kepada 176 debitur yang kebanyakan berasal dari sektor perdagangan dan jasa.

“Penyaluran KUR dengan bunga 9 persen ini akan menjadi insentif yang solutif bagi para pelaku usaha karena dapat menjadi sumber pembiayaan yang relatif murah dan aman,” ujar Tiko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com