Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden RI : Jangan Lagi Pinjam Modal ke Rentenir

Kompas.com - 11/04/2016, 18:53 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menyadari bahwa salah satu kendala bagi pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) adalah permodalan.

Presiden Joko Widodo mengungkapkan untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah telah menyiapkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang bunganya tidak lagi 22 persen, tapi 9 persen per tahun.

"Bahkan, Gubernur Jateng sudah memiliki kredit sejenis dengan bunga tujuh persen. Gunakan itu untuk meningkatkan usaha, jangan lagi pinjam modal ke rentenir", kata Presiden Jokowi dalam keterangan resmi Kementerian Koperasi dan UKM, Senin (11/4/2016).

Menurut Presiden Jokowi, program tersebut merupakan program gotong-royong dari semua kementerian yang memiliki program sejenis.

"Selama ini kementrian kerja sendiri-sendiri. Saya akui, program mereka bagus. Tapi, akan lebih bagus lagi bila bersinergi dan disatukan dalam satu program besar. Dengan program Sinergi ini, saya optimis kemiskinan di Indonesia bisa segera dientaskan", imbuh Presiden.

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga menegaskan bahwa program sinergi tersebut dapat semakin memperkuat program-program unggulan yang selama ini dikerjakan kementerian yang dipimpinnya.

"Selama ini kami sudah melakukan koordinasi antar-kementerian. Misalnya, mengenai hak cipta kita koordinasi dengan Kemenhuk HAM. Terkait ijin usaha mikro dan kecil (IUMK) kita sinergi dengan Kementrian Perdagangan," jelas Puspayoga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com