Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Ingin "Tekor" Saat Liburan, Patuhi 7 Aturan Belanja Ini

Kompas.com - 12/04/2016, 07:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bulan Mei mendatang, ada beberapa tanggal merah di awal bulan yang bisa anda jadikan waktu untuk liburan keluarga. Sah-sah saja bukan jika anda mempersiapkannya dari sekarang?

Nah, saat musim liburan tiba, akan sangat menyenangkan untuk keluarga dan kerabat bisa pergi bersama-sama ke suatu tempat favorit, hanya untuk menghabiskan waktu bersama.

Di satu sisi, hal ini memang sangat menyenangkan, namun di sisi lain, pernahkah anda memperhitungkan berapa biaya yang harus anda habiskan?

Katakanlah, budget liburan anda tidak terlalu besar. Masalahnya, anda perlu untuk membeli oleh-oleh titipan keluarga dan lain sebagainya.

Berdasarkan survey National Retail Federation di 2015,  rata-rata orang menghabiskan budget dalam jumlah besar selama musim liburan  untuk membeli hadiah bagi keluarganya.

Padahal, hal tersebut bisa diminimalisir. Oleh karena itu anda harus mulai memperhitungkan pengeluaran belanja anda. Berikut ini ada 7 hal yang harus dilakukan dan tidak harus dilakukan saat berbelanja di saat liburan:

1.    Menentukan Budget
Lakukan hal ini, sebelum anda memutuskan untuk belanja di mal, atau belanja online sekalipun saat musim liburan.

Buatlah daftar orang-orang yang merupakan kerabat anda yang biasanya wajib diberikan hadiah oleh-oleh liburan.

Tulis budget maksimal untuk kado mereka tiap orangnya, kemudian jumlah dan pastikan saat anda berbelanja nanti, anda hanya mengeluarkan budget sesuai dengan daftar tersebut.

2.    Belanja Secara Cukup
Membelanjakan uang berlebihan hanya untuk menyenangkan teman atau keluarga, adalah hal yang kurang baik untuk anda lakukan.

Biasanya oleh-oleh apapun akan diterima dengan senang hati oleh keluarga atau teman anda. Jika bukan kesan ini yang anda dapatkan, sebaiknya anda tidak usah membeli apa-apa untuk mereka.

3.    Manfaatkan Kesempatan
Jika anda memang sangat ingin memberikan hadiah sebagai oleh-oleh bagi teman atau keluarga anda, anda bisa memanfaatkan diskon besar-besaran yang ada di tempat penjualan barang tersebut. Anda bisa membeli lebih banyak barang dengan harga yang murah tentunya.

Harga Murah, tidak murahan, walaupun anda berhasil mendapat barang untuk dihadiahkan dengan harga yang murah, pastikan kualitasnya tidak murahan dan masih layak dan tampak bagus jika dijadikan cinderamata untuk orang tersayang sebagai oleh-oleh liburan.

4.    Manfaatkan Double Discount dengan Kartu Kredit
Biasanya saat sebuah toko barang-barang unik untuk dijadikan hadiah ini, baru saja grand opening, akan banyak diberlakukan diskon, salah satunya dengan kartu kredit. Anda dapat memanfaatkan momen ini, namun usahakan anda memperhitungkan cicilan anda.

Jangan membeli sebuah barang, jika anda bisa membuatnya. Jika anda adalah orang yang menyenangi kerajinan tangan atau DIY (Do It Yourself), mungkin anda bisa berkreatifitas membuat hadiah cantik untuk teman atau keluarga anda. Anda hanya perlu bahan-bahan dasar untuk membuatnya, budget anda juga bisa lebih hemat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com