Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“Venture Builder” Indonesia Cari “Startup” Berpotensi

Kompas.com - 12/04/2016, 11:13 WIB

Tim Redaksi

SINGAPURA, KOMPAS.com - Perusahaan “venture builder” asal Indonesia yang fokus pada pembangunan model bisnis media sosial, perdagangan elektronik, dan teknologi finansial (FinTech), PT Adamobile Solutions Networks, mencari sejumlah perusahaan rintisan (startup) teknologi untuk dikembangkan.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan Adamobile dengan mengikuti ajang Techinasia Singapore 2016 di Suntec City Convention Centre, Singapura pada 12-13 April.

Pendiri dan CEO Adamobile, Adam Suherman mengatakan, pada ajang tersebut perusahaannya akan fokus pada sesi investor guna menemukan sejumlah startup untuk dibangun model bisnisnya yang sesuai dengan kebutuhan dan permintaan masyarakat.

Ia menambahkan, pihaknya bakal fokus terlebih dahulu untuk memberikan kesempatan bagi perusahaan-perusahaan rintisan asal Indonesia yang hendak turut mengembangkan perekonomian digital di dalam negeri.

Saat ini, Adamobile yang didirikan bulan Juni 2015 telah mengembangkan sejumlah perusahaan rintisan seperti OnAirNow, Alakart, Ahlinya.com, dan Trvel.

OnAirNow merupakan pelantar video streaming pertama di Indonesia yang mengombinasikan media sosial dan belanja online.

Alakart adalah pasar virtual masakan rumahan pertama di Indonesia yang bakal mengoneksikan produk-produk masakan rumahan di seluruh Indonesia.

Adapun Ahlinya.com merupakan pasar jasa pertukangan untuk kebutuhan rumah, sementara Trvel adalah layanan pemesanan jasa perjalanan wisata di Indonesia.

Sebagian perusahaan rintisan tersebut telah diluncurkan seperti OnAirNow yang diperkenalkan pada ajang Techinasia 2016, dan sebagian lagi masih dalam tahap persiapan serta pengembangan.

Adam menyebutkan, pihaknya juga tengah menyiapkan pelantar khusus untuk layanan bidang pendidikan dan kesehatan. Ia menargetkan, setiap bulan bakal terdapat satu perusahaan rintisan untuk diluncurkan.

Techinasia Singapore 2016 merupakan konferensi teknologi yang diselenggarakan tiga kali dalam setahun. Selain di Singapura, Techinasia juga dilangsungkan di Tokyo dan Jakarta pada waktu yang berbeda-beda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com