Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Usaha Inalum-Antam Targetkan Mampu Produksi 2 Juta Ton Alumina Per Tahun

Kompas.com - 14/04/2016, 14:38 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Inalum Antam Alumina menargetkan mampu memproduksi alumina sebanyak 1 juta ton per tahun, saat awal pabrik pengolahan dan pemurnian alumina beroperasi pada 2019.

Direktur Utama Inalum Winardi menuturkan seiring dengan beroperasinya pabrik, kapasitas produksi akan naik hingga 2 juta ton per tahun.

"Sebesar 1 juta ton per tahun produksi untuk tahap awal, rencananya 2 juta ton. Kontruksi pabriknya 2,5 tahun," kata Winardi, Kamis (14/4/2016).

Perusahaan yang merupakan patungan antara PT Antam (Persero) Tbk dan PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) ini akan mengoperasikan pabrik alumina di Mempawah Kalimantan Barat.

Dalam waktu dekat ini perusahaan tersebut direncanakan bakal menjalin kerjasama dengan perusahaan China.

"Secara umum pendanaan dari mereka (China) besar, tapi belum ada komitmen," ujar Winardi.

Sekedar informasi, Antam dan Inalum rencananya sore ini, Kamis, akan menyambangi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama proyek pembangunan pabrik Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR).

Joint venture agreement (JVA) ini merupakan implementasi sinergi lanjutan yang telah dimulai sejak nota kesepahaman (MoU) dan pokok-pokok perjanjian yang telah disepakati pada tahun 2015 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com