Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Persyaratan Ajukan KUR dengan Bunga Rendah di Bank Jateng

Kompas.com - 15/04/2016, 11:22 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Tengah memberikan kemudahan syarat bagi masyarakat untuk mengajukan kredit usaha rakyat (KUR) berbunga 7 persen.

Jika syarat lengkap, uang jaminan bisa dicairkan dalam waktu sehari. Direktur Utama BPD Bank Jateng Supriyatno mengatakan, kemudahan syarat menjadi faktor penting untuk menarik warga agar bisa mengakses fasilitas ini.

Selama ini warga enggan mengakses karena persyaratan pengajuan yang berbelit. Akibatnya, warga lebih banyak meminjam ke rentenir dengan bunga yang tinggi.

“Jika syarat lengkap, bisa cair sehari. Syaratnya Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, punya usaha minimal enam bulan dan keterangan dari pihak desa atau kecamatan,” kata Supriyanto, Jumat (15/4/2016).

Menurut dia, syarat yang dipermudah membuat masyarakat mulai meninggalkan praktek rentenir.

Namun demikian, untuk menekan kredit bermasalah, pihaknya akan memaksimalkan tenaga pendamping agar usahanya bisa tetap berjalan.

Kredit dengan bunga 7 persen itu bisa diperoleh hingga plafon kredit maksimal Rp 25 juta dengan masa angsuran selama 3 tahun. Warga juga tidak dikenakan agunan maupun biaya administrasi ketika mengajukan pinjaman.

“Kami dibantu oleh tenaga pendamping, bisa dari dinas atau dari Bank Jateng. Tenaga pendamping itu jaminan kreditnya. Makanya evaluasi nanti melalui tenaga pendamping itu,” imbuhnya.

Dengan ada prasyarat tersebut, ia berharap masyarakat bisa meningkatkan kemampuan modalnya, hingga memperlebar usahanya.

Sebelumnya, sebanyak 29 pelaku usaha kecil dan menengah di Kabupaten Wonogiri menerima plafon kredit dengan besaran maksimal Rp 25 juta. Program ini setidaknya telah diakses sebanyak 3.125 proposal dari berbagai wilayah di Jateng sejak dibuka 28 Maret 2016 lalu.

“Kredit yang telah kami salurkan sebanyak Rp 43 miliar dari pagu Rp 350 miliar,” imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com