Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Ingin Suku Bunga Acuan Bisa Pengaruhi Suku Bunga "Overnight" Perbankan

Kompas.com - 15/04/2016, 19:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menetapkan BI 7-day Repo Rate sebagai suku bunga kebijakan yang baru untuk memperkuat transmisi moneter.

Bank sentral memandang, keputusan ini akan mampu mempercepat transmisi kebijakan moneter.

Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara menjelaskan, perubahan suku bunga ini akan mempengaruhi suku bunga di pasar lain, termasuk suku bunga perbankan.

"Kalau diperhatikan, di periode 2008 sampai awal 2010 BI Rate itu bisa mempengaruhi suku bunga overnight perbankan dengan sangat efektif. Kalau BI Rate naik, suku bunga antar bank naik. Kalau BI Rate turun, suku bunga antar bank turun," kata Mirza di Jakarta, Jumat (15/4/2016).

Namun, jelas Mirza, bank sentral melihat pada periode akhir 2010 sampai 2012 suku bunga overnight antar bank dan BI Rate mulai terpisah. Suku bunga overnight mengikuti suku bunga Deposit Facility Rate.

Adapun pada tahun 2010 sampai 2012, aliran masuk modal asing begitu deras dan menyebabkan perbedaan yang besar antara suku bunga BI Rate dengan perkembangan suku bunga pasar uang antar bank.

"Sedangkan tadi dikatakan best practice harusnya BI Rate dan overnight di bank harusnya dekat. Karena suku bunga policy rate harusnya bisa mempengaruhi suku bunga overnight, lalu mempengaruhi ke suku bunga yang lain di pasar dan bank," ungkap Mirza.

Mirza menjelaskan, suku bunga pasar uang antar bank belum berkembang sehingga belum terbentuk pula struktur suku bunga pasar uang antar bank khususnya tenor di atas 3 bulan hingga 12 bulan.

Dengan kondisi tersebut, transmisi kebijakan moneter menjadi kurang efektif dalam mempengaruhi suku bunga di pasar uang.

Kompas TV BI Turunkan Suku Bunga Acuan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com