Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Pipa Gas Sepanjang 18,3 Km, PGN Perluas Layanan ke Batam

Kompas.com - 18/04/2016, 13:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) tengah merampungkan proyek pipa gas bumi di kawasan bisnis Nagoya, Batam, Kepulauan Riau.

Jika pembangunan selesai, BUMN penyalur gas ini akan menyalurkan pasokan gas untuk pusat perbelanjaan, hotel, hingga industri yang ada di kawasan ini.

Direktur PGN Dilo Seno Widagdo mengatakan, proyek pipa distribusi gas bumi di wilayah Nagoya, Pulau Batam yang dirampungkan ini sepanjang 18,3 km. Apabila selesai, masyarakat akan bisa menikmati gas bumi yang efisien dan ramah lingkungan.

"Proyek di Nagoya sudah mencapai lebih dari 90 persen, diperkirakan Mei tahun ini rampung," kata Dilo Seno Widagdo dihubungi, di Jakarta, Senin (18/4/2016).

Selain Nagoya, PGN juga tengah menyelesaikan proyek jaringan gas (jargas) bumi sebanyak 4.000 sambungan rumah tangga. Proyek yang berlokasi di Kawasan Batu Aji, Batam ini merupakan penugasan dari Kementerian ESDM.

"Untuk jargas 4.000 sambungan targetnya tahun ini juga selesai," kata Dilo.

Hingga saat ini, pipa gas bumi yang dimiliki dan dioperasikan PGN di Batam sepanjang 123 km. Dengan selesainya proyek pembangunan pipa distribusi Nagoya ini, jumlah pipa distribusi gas bumi di Batam menjadi 141,3 km.

Di Batam, PGN sampai saat ini telah memasok gas bumi ke 672 pelanggan dengan rincian, 39 industri besar, 36 pelanggan komersial seperti restoran hingga hotel, serta 597 rumah tangga.

Secara nasional, PGN saat ini memasok gas bumi ke lebih dari 107.690 rumah tangga, lebih dari 1.857 pelanggan dari usaha kecil, mal, restoran hingga hotel, serta 1.529 pelanggan dari industri skala besar dan pembangkit listrik telah menikmati gas bumi dari PGN.

PGN adalah satu-satunya badan usaha yang menyalurkan gas bumi ke berbagai segmen pelanggan, mulai dari rumah tangga, UKM, hotel, mal, restoran, rumah sakit, industri, pembangkit listrik dan transportasi.

Saat ini PGN telah memiliki dan mengoperasikan pipa gas bumi sepanjang lebih dari 7.000 km atau setara 76 persen pipa gas bumi hilir nasional.

"PGN akan terus agresif membangun infrastruktur gas bumi nasional, untuk pemanfaatan gas bumi yang efisien dan ramah lingkungan bagi masyarakat," tutup Dilo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com