Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diler Otomotif Dorong Perusahaan Pembiayaan Turunkan Bunga

Kompas.com - 20/04/2016, 14:31 WIB
Reni Susanti

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Lembaga keuangan bukan bank, termasuk pihak perusahaan pembiayaan, belum melakukan penurunan bunga pinjaman. Akibatnya, diler penjualan otomotif kurang bergairah.

Honda Bandung Center (HBC), diler utama mobil Honda di Jawa Barat dan Banten, mencatat, sejak Desember 2015 sampai sekarang, sudah terjadi tiga kali penurunan suku bunga oleh Bank Indonesia. Dengan demikian, penurunan suku bunga sudah mencapai 0,75 persen.

"Penurunannya sudah signifikan,” ujar Direktur HBC Iwan Tjandradinata kepada Kompas.com, Rabu (20/4/2016).

Menurut Iwan, pihaknya menyambut positif penurunan suku bunga dari Bank Indonesia (BI). Turunnya suku bunga diperkirakan akan mendongkrak penjualan produk otomotif.

Sayangnya, dampak penurunan suku bunga belum terasa di lapangan karena perusahaan pembiayaan belum mengikuti langkah penurunan BI Rate.

“Kami antusias. Sayangnya, penurunan suku bunga belum dirasakan oleh konsumen,” tuturnya.

Kondisi ini sama halnya dengan kebijakan penurunan harga bahan bakar minyak (BBM). Menurut Iwan, penurunan harga BBM sebenarnya diharapkan dapat diikuti penurunan ongkos angkutan umum. Namun, kenyataannya, ongkos angkutan umum tidak turun.

Operational Manager HBC, Junianto Naibaho, berharap ada langkah dari lembaga pembiayaan dalam menyikapi penurunan BI Rate. Sebab, penurunan suku bunga tentunya akan lebih menggairahkan bisnis otomotif.

Kompas TV Perbankan Mulai Turunkan Bunga Kreditnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com