Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warganya Sulit Dapat Dana Kembangkan UKM, Walikota Tidore Curhat ke Menkop

Kompas.com - 22/04/2016, 05:45 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga melakukan kunjungan kerja ke Ternate Provinsi Maluku Utara dan Manado Provinsi Sulawesi Utara sejak tanggal 20 hingga 23 April 2016.

Dalam kunjungannya, dia mendapat keluhan Wali Kota Tidore, Capten Ali Ibrahim. Ali mengatakan, daerah Tidore memiliki keterbatasan dalam mengembangkan usaha kecil menengah.

Tidak hanya itu, pedagang kaki lima terkendala pada biaya produksi serta transportasi untuk mendapatkan akses menuju sentral penyimpanan barang di daerah lain.

"Sebagai otonom daerah yang baru, Tidore memiliki keterbatasan dan kekurangan dalam hal UKM, koperasi dan akses transportasi," keluh Ali di Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara, Kamis (21/4/2016) dalam keterangan resminya.

Mendapatkan protes demikian, Puspayoga memastikan, pemerintah mendukung penuh beroperasinya koperasi di berbagai penjuru di negeri ini termasuk di Tidore Kepulauan. Menurutnya koperasi merupakan amanat Undang-undang.

"Koperasi itu amanat Undang-undang Perekonomian. Kita enggak boleh mundur, tidak ada kata terlambat," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sultan Tidore Husain Syah meminta dukungan Menteri Puspayoga agar Tidore Kepulauan berkembang dan berdiri sejajar dengan daerah-daerah lain di Indonesia dalam bidang infrastruktur maupun ekonomi.

Husain menambahkan, sebelumnya koperasi di kawasan Tidore berjalan dengan mulus namun karena beberapa aturan pemerintah pusat yang tidak sesuai dengan keinginan masyarakat maka perlahan sejumlah koperasi kolaps.

"Dulu koperasi sangat tumbuh dan bagus namun seiring perkembangan zaman dan kebijakan pemerintah pusat sekarang tidak bisa lagi berkembang karena kebijakan itu sendiri," tegas Husain.

Pada hari kedua kunjungan kerja, Menteri Puspayoga mengunjungi Kesultanan Tidore dan KSP Baboto Tidore. Dalam kunjungan kerja itu, Puspayoga sekaligus mensosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Kompas TV Bunga KUR Resmi Turun Menjadi 9%

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com