Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surveyor Indonesia Berharap Dilibatkan di Aneka Proyek BUMN

Kompas.com - 22/04/2016, 16:45 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Surveyor Indonesia (Persero) berharap selalu diikut sertakan dalam proyek-proyek yang dilakukan perusahaan-perusahaan pelat merah.

Sebagai perusahaan jasa inspeksi, pengujian dan sertifikasi, Surveyor Indonesia memiliki layanan independent assurance. 

Layanan tersebut difokuskan pada empat sektor yakni penguatan institusi kelembagaan, infrastruktur, mineral, batubara, minyak dan gas (migas) serta sistem pembangkit.

Kerja sama Surveyor Indonesia dengan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk salah satu contohnya.

Surveyor Indonesia melakukan kegiatan pengambangan dan pelaksanaan pekerjaan bersama di bidang jasa survei, inspeksi, dan konsultasi di bidang usaha persemenan.

Pekerjaan tersebut meliputi perencanaan dan desain awal, pelaksanaan konstruksi, operasional, dan pemeliharaan pabrik semen.

"Kami masih dalam hal supervisi, fungsi kami itu untuk memastikan apa yang dibangun sesuai dengan desain awal," ujar Direktur Utama Surveyor Indonesia M. Arif Zainuddin di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (22/4/2016).

Selain dengan Semen Indonesia, Surveyor Indonesia juga bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero) Tbk dalam menghitung risiko kerugian dalam proses pengiriman bahan bakar minyak.

Arif, menyebutkan tim-nya pernah menemukan indikasi kecurangan yang dilakukan oknum pegawai Pertamina yang merusak segel tangki minyak.

"Tim kami pernah menemukan segel yang rusak pada tangki minyak, itu salah satu indikasi kecurangan. Kita sudah laporkan ke pihak Pertamina Pusat," imbuh Arif.

Kompas TV BUMN Ditawari Utang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com