Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadir di IMF-World Bank Spring Meeting, Apa Saja Kegiatan Menkeu?

Kompas.com - 23/04/2016, 08:45 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mewakili Indonesia ikut menghadiri pertemuan IMF-World Bank Spring Meetings di Washington D.C Amerika Serikar pada tanggal 12-18 April 2016 lalu.

Menkeu hadir dalam pertemuan tersebut dalam kapasitas sebagai Ketua Development Committe (DC) dan sebagai bagian persiapan Indonesia sebagai tuan rumah sidang tahunan IMF-WB pada 2018 mendatang.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Suwahasil Nazara mengatakan pertama kali dalam sejarah ada warga Indonesia menjabat jadi Ketua DC.

Menurutnya untuk jadi ketua DC harus melalui proses pemilihan selektif dari banyak kandidat dari negara-negara anggota.

"Ketua DC itu bertugas memberikan masukan dan pertimbangan ke dewan gubernur bank dunia dan IMF mengenai Isu-isu di negara berkembang," katanya dalam sebuah diskusi di kantor Kementerian Keuangan Jakarta, Jumat (22/4/2016).

Suwahasil mengatakan, sebagai Ketua DC Menkeu Bambang memiliki peran sangat krusial dalam memimpin persidangan dan pembahasan agenda DC.

Selain memimpin pertemuan DC, Menkeu juga menghadiri pertemuan International Monetary Financial Committee (IMFC) yang membahas isu-isu agenda ekonomi global.

Kegiatan lain yang dihadiri Menkeu bambang antara lain menghadiri pertemuan Para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 bersama Gubernur Bank Indonesia. 

Pertemuan ini membahas pemulihan kondisi ekonomi global yang lambat dan tidak merata, rendahnya harga komoditas dan volatilitas ekonomi global telah memberikan dampak kepada sektor riil.

Kompas TV Selamat Datang Era Bunga Murah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com