Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untuk Pertama Kali, Peneliti Pajak Indonesia Raih CFE Award Albert J Medal di Belgia

Kompas.com - 23/04/2016, 14:00 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Peneliti Pajak asal Indonesia, B Bawono Kristiaji, secara mengesankan meraih penghargaan Confédération Fiscale Européenne (CFE) Award Albert J Radler Medal 2015.

Ia meraih penghargaan tersebut atas Thesisnya dinilai sebagai tesis pajak terbaik se-Eropa, dengan judul "Incentives and Disincentives of Profit Shifting in Developing Countries".

Kristiaji adalah orang non-Eropa pertama kali yang mendapatkan penghargaan tersebut. Penghargaan bergengsi itu diterima Kristiaji pada acara CFE Forum 2016 dan Konferensi Tahunan Pajak Internasional CFE di Brussels, Belgia, Kamis malam (21/4/2016) waktu setempat.

Kristiaji menjelaskan dalam thesisnya, bagaimana kebijakan pajak penghasilan badan akan memengaruhi perilaku pengalihan laba perusahaan multinasional di negara-negara berkembang. Ia mengambil sampel data lebih dari 8.000 anak perusahaan multinasional di 29 negara berkembang dalam kurun 8 tahun (2005-2013).

"Tesis Kristiaji sangat dalam dan relevan dengan situasi terkini," demikian pernyataan resmi juri. Juri juga berpendapat Thesis kristiaji berhasil menggabungkan pendekatan ekonomi dan hukum, sehingga bisa dijadikan acuan dalam perumusan kebijakan perpajakan, baik untuk negara maju maupun negara berkembang.

Tim juri dalam ajang penghargaan tersebut adalah mantan Presiden CFE Stephen D.G. Coleclough, Ketua Bidang Hukum Pajak International Bureau of Fiscal Documentation (IBFD) Michael Lang, dan Ketua Bidang Akademik IBFD Pasquale Pistone.

“Terima kasih, semoga penghargaan ini bisa menginspirasi,” kata Kristiaji saat memberikan sambutan dalam acara penghargaan tersebut. Kristiaji meraih master pajak dari School of Economics and Management, Tilburg University, Belanda.

Gelar master yang diraih Kristiaji berkat Beasiswa dari DANNY DARUSSALAM Tax Center (DDTC). Penghargaan tahunan itu dinamai Albert J Radler Award untuk mengenang jasa Radler, salah seorang tokoh pajak modern di Eropa yang meninggal pada 2012.

CFE adalah organisasi para profesional dan konsultan pajak terbesar di Eropa yang didirikan pada 1959 di Brussels. CFE beranggotakan 26 organisasi nasional dari 21 negara di Eropa, yang merepresentasikan lebih dari 100.000 profesional pajak di benua tersebut.

Kompas TV DPR "Kebut" RUU "Tax Amnesty"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com