Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indeks S&P 500 Terkerek Sektor Komoditas dan Energi

Kompas.com - 27/04/2016, 05:37 WIB
Aprillia Ika

Penulis

Sumber Reuters

NEW YORK, KOMPAS.com - Indeks S&P 500 pada penutupan perdagangan Selasa (26/4/2016) waktu setempat, atau Rabu dini hari (27/4/2016) waktu Indonesia barat, ditutup menguat didorong oleh sektor energi dan material.

Semetara itu, turunnya data ekonomi Amerika Serikat (AS) yang lemah serta menguatnya harga minyak dan emas, melemahkan mata uang dollar AS.

Setelah penutupan perdagangan saham, indeks Nasdaq meneruskan pelemahan pada perdagangan Senin (25/4/2016) waktu setempat, gara-gara saham Apple Inc yang terkoreksi 6 persen setelah perusahaan teknologi tersebut mempresentasikan kinerja dibawah target.

Sebelumnya, Departemen Perdagangan AS melaporkan permintaan barang-barang turun dibanding estimasi di Maret, yakni permintaan untuk mobil, komputer dan barang kebutuhan rumah tangga. Penurunan tersebut melemahkan dollar AS.

Konsumen juga terlihat sedikit pesimistis pada perekonomian jangka pendek di AS, dan memberikan kepercayaan yang menurun untuk April.

Data tersebut hadir saat bank sentral AS, Federal Reserve, memulai perundingan dua hari di Washington DC untuk membicarakan kebijakan suku bunga acuan.

Para penentu kebijakan di Fed, sebutan bagi bank sentral ini, diharapkan tidak menaikkan atau menurunkan suku bunga acuan, namun tidak menutup untuk menaikkan suku bunga di masa mendatang.

"Komoditas dan minyak naik, dollar dalam tren turun, hal ini bisa memulai reli kenaikan. tapi ada jeda akibat ketidakpastian," kata Jim Paulsen, kepala investasi di Wells Capital Management di Minneapolis, AS.

"Resistansi teknikal, data yang lemah, ketidakpastian mengenai Fed, serta paparan kinerja emiten dibawah ekspektasi, bisa membuat jeda tersebut," lanjut dia.

Menurut dia, kenaikan indeks S&P 500 hampir mencapai rekor kenaikan 15 persen dari titik terendah di Februari.

Sementara itu, indeks Dow Jones Industrial Average naik 13,08 poin atau naik tipis 0,07 persen ke level 17.990,32. Indeks S&P 500 naik 3,91 poin atau 0,19 persen. Sementara indeks Nasdaq Composite turun 7,48 poin atau 0,15 persen ke level 4.888,31.

Kompas TV BEI Gelar Galeri Investasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com