Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilik Aplikasi Ini Rogoh Rp 100 Miliar untuk Dukung Pengusaha Muda

Kompas.com - 28/04/2016, 09:45 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

SERPONG, KOMPAS.com - Pemilik aplikasi Shopee, Chris Feng mengaku telah mengeluarkan dana sebesar Rp 100 miliar untuk mendorong lebih banyak anak muda menjadi pengusaha.

Shopee adalah sebuah aplikasi mobile social marketplace, di mana setiap orang dapat mencari, berbelanja dan berjualan.

Chris Feng mengatakan tantangan pengusaha ke depan ada pada bisnis, teknologi, dan modal. Sehingga dengan adanya dana itu tantangan itu tidak jadi hambatan bagi pengusaha muda.

"Investasi Rp 100 Miliar ini adalah sebagai bentuk komitmen jangka panjang untuk mendukung pengusaha muda di Indonesia untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka secara online," kata Chris, Rabu (27/4/2016).

Chris juga sudah menyiapkan program dukungan, termasuk pengembangan keterampilan dan pengetahuan mengenai e-commerce yang didapatkan melalui kelas-kelas pelatihan.

Selain itu, dukungan finansial juga diberikan dalam bentuk modal usaha dan subsidi ongkos kirim ke seluruh Indonesia.

"Salah satu yang telah dimulai oleh Shopee di 2016 sebagai bagian dari Young Entrepreneur Program adalah melakukan ajang pencarian pengusaha muda di kampus-kampus seluruh Indonesia," kata Chris.

Saat ini, Shopee juga telah membantu para Usah Kecil Menengah (UKM) dalam menaikkan penjualan secara signifikan, yaitu dengan program gratis ongkos kirim yang telah dijalankan sejak Februari 2016 lalu.

"Dengan pembelian sebesar Rp 30.000, seluruh penjual bisa menawarkan gratis ongkos kirim ke pembeli mereka dengan batasan subsidi sampai Rp 80.000," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com