Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Diuntungkan Kebijakan The Fed Pertahankan Suku Bunga

Kompas.com - 28/04/2016, 12:46 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad mengatakan, Indonesia diuntungkan oleh keputusan bank sentral AS Federal Reserve yang kembali menahan suku bunga acuan. Akhirnya, kebijakan ini tidak mempengaruhi sentimen negatif yang dapat melemahkan rupiah.

"Kita beruntung kemarin Fund Rate tidak berubah. Kalau berubah, maka akan memengaruhi sentimen, portfolio akan berubah perilakunya dan menekan rupiah," kata Muliaman di Jakarta, Kamis (28/4/2016).

Oleh sebab itu, Muliaman mengajak para pemangku kepentingan untuk melakukan reformasi struktural. Apalagi, di sisi lain pasar keuangan Indonesia dinilai masih terlalu dangkal serta ukurannya yang masih kecil.

"Karena itu keperluan reformasi struktural perlu terus diupayakan. Pasar keuangan kita masih sangat dangkal dengan size masih sangat kecil. Kalau ada sentimen kurang menguntungkan dampaknya akan sangat terasa," jelas Muliaman.

Ia menyebut, berbagai kebijakan yang diambil harus mampu menarik dana masuk ke dalam negeri. Tujuannya adalah agar ketika terjadi sentimen negatif maka tak terlalu berdampak bagi Indonesia.

"Karena itu kita harus mulai membangun iklim yang tidak hanya bisa mengundang masuknya portfolio, tapi juga penanaman modal langsung agar ketika sentimen (negatif) terjadi kita tidak terlalu terdampak," tutur Muliaman.

Kompas TV RI Terjebak di Negara Berpendapatan Menengah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com