Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonom: Jika Modal Minimum Bank Naik, Suku Bunga Kredit Bisa Turun

Kompas.com - 28/04/2016, 17:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ekonom dari Universitas Gadjah Mada (UGM) A Tony Prasetiantono menilai positif rencana Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menaikkan modal minimum perbankan.

Menurut dia, menaikkan modal minimum perbankan merupakan langkah ampuh untuk menurunkan suku bunga kredit. 

Sebab, dengan naiknya modal minimum perbankan maka akan mengurangi jumlah bank-bank berkapitalisasi kecil dengan sendirinya.

Ia mengatakan, bank-bank kecil akan menambah tingginya deposito sehingga berdampak pada pemberlakuan suku bunga perbankan yang lebih besar.

"Kalau bank kecil itu untuk merebut funding saja dia harus menaikkan suku bunga karena dia tak terlalu dipercaya orang. Jadi, satu-satunya cara adalah dengan menaikkan itu (modal minimum bank)," kata Tony di Bank Indonesia (BI), Kamis (28/4/2016).

Tony mengatakan, selama ini BI dan OJK selalu sulit meminta bank dengan modal kecil untuk merger dengan baik lain. Usaha untuk merampingkan jumlah bank selalu gagal lantaran pemilik bank enggan kehilangan kontrol.

Pasalnya, pasca merger, maka kontrol kepemilikan akan dibagi. Para pemilik bank beranggapan, lebih baik punya bank kecil daripada berkonsolidasi dengan bank lain.

"Kita ini sudah cita-cita sejak BI membuat API (Arsitektur Perbankan Indonesia) yang sudah lama lebih dari lima tahun yang lalu. Tapi pelaksanaannya kan susah karena terhambat pemilik bank yang tidak mau kehilangan kontrol," ungkap Tony.

Tony menilai, rencana OJK untuk menaikkan modal minimum bank juga akan membuat bank-bank kecil mencari sumber permodalan tambahan.

Dengan menaikkan modal minimum, maka bank-bank kecil akan melakukan merger dengan bank lain atau menarik dana repatriasi hasil pengampunan pajak (tax amnesty).

"Makanya OJK ingin mendorong melalui persyaratan permodalan yang lebih tinggi. Mau tidak mau dia harus cari pasangan," terang Tony. (Baca: OJK Berencana Naikkan Modal Minimum Bank, Jika RUU "Tax Amnesty" Disetujui DPR)

Kompas TV Beban Pencadangan Bank Alami Lonjakan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com