Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkop : Pariwisata Maju, UKM Juga Berkembang

Kompas.com - 28/04/2016, 22:10 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga menilai sektor pariwisata dan UKM tidak bisa dipisahkan sehingga pihaknya menyatakan siap mendorong perkembangan sektor pariwisata Indonesia untuk kepentingan UKM.

"Pariwisata dengan UKM tidak bisa dipisahkan karena jika pariwisatanya maju maka pemberdayaan UKM akan jauh lebih mudah," kata Menteri Anak Agung Gede Ngurah (AAGN) Puspayoga melalui keterangan tertulisnya di Pembukaan Indonesia Marketeers Festival 2016 di Solo, Kamis (28/04/2016).

Ia menilai jika di suatu daerah sektor pariwisata telah berkembang dengan baik maka secara otomatis para pelaku UKM di daerah itu juga maju.

Puspayoga yang mantan Wakil Gubernur Bali itu juga mengatakan, membangun dan mengembangkan suatu destinasi pariwisata bukan sesuatu yang sederhana.

"Bali bisa seperti sekarang ini bukan instan, bukan setahun, lima tahun, 10 tahun tapi 100 tahun," katanya.    

Ia menyadari bahwa program Pemerintah Jokowi-JK untuk mewujudkan 10 destinasi pariwisata baru di luar Bali atau 10 Bali baru bukan sesuatu yang sederhana.    

"Tapi ini bukan sesuatu yang tidak mungkin untuk diwujudkan karena marketing pada masa lalu itu berbeda dengan marketing pada masa kini," katanya.

Ia menilai konsep "e-commerce" dan promosi secara online sangat potensial untuk mendongkrak kesuksesan bagi terbentuknya kawasan Bali Baru secara lebih cepat.

"Semangat UKM Indonesia itu bisa saya katakan paling tinggi di dunia," katanya.

Semangat itulah yang menurut dia menjadi modal yang baik bagi upaya pengembangan sektor pariwisata yang mendatangkan dampak positif bagi UKM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com