Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartal I 2016, Pertumbuhan Ekonomi AS Cuma 0,5 Persen

Kompas.com - 29/04/2016, 05:27 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber BBC

WASHINGTON, KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat pada kuartal I 2016 hanya mencapai 0,5 persen. Capaian ini lebih rendah dibandingkan 1,4 persen pada kuartal I 2015 dan merupakan paling melambat dalam 2 tahun.

Perlambatan ekonomi AS ini lebih buruk dibandingkan prediksi para ekonom. Faktor utama buruknya kinerja ekonomi negeri Paman Sam ini disebabkan jatuhnya permintaan domestik dan penguatan dollar AS yang menekan ekspor.

Konsumsi domestik yang menyumbang lebih dari dua pertiga perekonomian AS berada pada posisi 1,9 persen pada kuartal I 2016, dibandingkan 2,4 persen pada kuartal sebelumnya.

Investasi bisnis anjlok ke 5,9 persen, yang merupakan penurunan terbesar secara kuartalan sejak krisis keuangan tahun 2009 silam. Eksplorasi migas jatuh 86 persen sejalan dengan langkah perusahaan-perusahaan energi yang memangkas belanja mereka.

Pasalnya, harga minyak tengah anjlok sangat dalam. Beberapa analis memprediksi perekonomian AS akan menunjukkan konidisi yang sama pada kuartal berikutnya. Menurut Chris Williamson dari Markit, pihaknya melihat adanya perbaikan yang lemah dalam perekonomian AS.

"Secara mengkhawatirkan, survei kami mengindikasikan malaise yang berdampak pada ekonomi AS terus berlanjut pada kuartal kedua. Ekspansi diprediksi akan berada pada 0,8 persen," jelas Williamson.

Williamson mengungkapkan, survei yang dihelat Markit memaparkan bahwa dalam beberapa bulan terakhir, terjadi pelebaran pelemahan dari sektor manufaktur hingga jasa. 

Kompas TV Ekonomi Masih Dibayangi Perekonomian Global

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com