Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Sucofindo, Kemenkop akan Sertifikasi Produk UKM yang Masuk Pasar Ekspor

Kompas.com - 30/04/2016, 10:08 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM akan menggandeng PT Sucofindo untuk pemberian sertifikasi produk-produk usaha mikro dan kecil yang berorientasi ekspor.

Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LPP KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM Ahmad Zabadi menuturkan produk-produk yang berorientasi ekspor membutuhkan sertifikasi kualitas sebelum masuk pasar di mancanegara.

Karena itu, pihaknya akan menggandeng BUMN tersebut untuk membantu memberikan sertifikasi kepada pelaku usaha UMKM yang akan mengekspor produknya.

"Pertengahan tahun ini kami akan mulai sertifikasi. Untuk tahap awal, ada sekitar 11 UMKM yang produknya disertifikasi Sucofindo," ujarnya, usai pembukaan Festival Semarapura, Jumat (29/4/2016) malam.

Beberapa produk UMKM yang disertifikasi di antaranya furniture, aksesoris fashion, hingga produk manufaktur.

Dengan metode ini, pasar di luar negeri akan mendapatkan jaminan kualitas untuk produk barang-barang asal Indonesia.

LPP KUKM merupakan pengelola gedung pameran Smesco, yang berada di jalan Gatot Subroto, Pancoran, Jakarta Selatan. Institusi ini memiliki tugas meningkatkan pemasaran berbagai produk UMKM nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com