Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam 2 Bulan, 9 Emiten Baru akan Melantai di Bursa

Kompas.com - 02/05/2016, 13:31 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Tito Sulistio menuturkan, pihaknya memprediksi akan ada setidaknya 9 emiten yang akan melakukan penawaran umum perdana alias Initial Public Offering (IPO) dalam satu hingga dua bulan mendatang.

"Satu sampai dua bulan? sudah ada yang masuk 9 perusahaan sudah siap, sedang dalam proses di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)," kata Tito di kantornya, Senin (2/5/2016).

Menurut Tito, pada dasarnya sudah banyak calon emiten yang telah mendaftar untuk melakukan IPO. Kebanyakan dari mereka, kata dia, setiap hari datang ke BEI guna melakukan public hearing.

"Yang datang untuk hearing itu hampir setiap hari ada. Mereka pun perusahaan sedang proses dan daftar sudah banyak," ujarnya.

Kesembilan calon emiten tersebut, imbuh Tito, menggunakan laporan keuangan yang tutup buku pada bulan Desember 2015. Dengan demikian, perusahaan-perusahaan ini dapat didorong untuk melakukan IPO pada bulan Juni 2016 mendatang.

Adapun berdasarkan data BEI per 21 April 2016 lalu, dari total 524 perusahaan yang telah mencatatkan sahamnya di pasar modal, 432 emiten berasal dari Jakarta, 27 emiten berbasis di Jawa Timur, dan 26 emiten berkantor pusat di Banten.

Artinya, emiten asal Jakarta menguasai 88,76 persen kapitalisasi pasar di BEI, disusul oleh 4,51 persen dan 4,65 persen untuk masing-masing kapitalisasi pasar emiten di Jawa Timur dan Banten.

Kompas TV BEI Awasi Saham Mencurigakan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com