Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

American Express Gelontorkan Dana Besar untuk Menarik Pelanggan Kartu Kredit

Kompas.com - 03/05/2016, 11:16 WIB
Achmad Fauzi

Penulis

Sumber Bloomberg

KOMPAS.com - Perusahaan penerbit kartu kredit terbesar American Express (AmEx) mengakui telah mengeluarkan dana besar untuk menarik pemegang kartu kredit lebih banyak lagi.

Chief Executive Officer Ken Chenault mengatakan bahwa AmEx telah menggenjot pengeluaran dari akuisisi pemegang kartu kredit.

"Tahun 2015 adalah tahun yang 'mengecewakan' bagi investor sehingga dengan cara ini kami bisa ambil kembali rasa kepercayaan investor," ujarnya.

Ken Chenault tidak merinci pengeluaran perusahaan untuk meningkatkan pemegang kartu kredit tersebut. Dia mengatakan saat ini perusahaan fokus pada pinjaman untuk meningkatkan profitabilitas.

Sementara itu, pemegang saham terbesar AmEx, Warren Buffett, mengatakan merasa senang jadi pemilik perusahaan itu. "Saya pribadi merasa oke tentang American Express, dan saya senang memilikinya," ujarnya.

Menurutnya, posisi AmEx dalam industri saat ini telah diserang oleh jasa keuangan lainnya selama beberapa dekade. Namun dirinya terus optimistis kinerja AmEx akan membaik.

Saham American Express telah meluncur turun 5,7 persen tahun ini dan 28 persen sejak 6 November 2014, ketika Bloomberg News melaporkan bahwa Costco sedang mempertimbangkan mengganti AmEx sebagai penerbit kartu kredit di AS. 

Kompas TV Ini Tips untuk Atasi "Kredit Macet"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com